Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

ANGGOTA RSPAU DIBEKALI KEMAMPUAN MENGGUNAKAN APAR



              “Code Red..., Code Red...” Telah terjadi kebakaran di lantai 3 Gedung C Rawat Inap RSPAU dr. S. Hardjolukito. Kebakaran tersebut terjadi di kamar 9 ruang murai sehingga mengakibatkan jatuhnya 4 orang korban yang merupakan pasien rawat inap serta 1 orang keluarga pasien yang kebetulan berada di TKP. Petugas yang berada di lokasi mencoba memadamkan dengan alat pemadam api ringan namun tak kunjung padam. Tak berapa lama tim pemadam kebakaran datang ke lokasi dan segera berjibaku  memadamkan si jago merah. Begitulah sekenario pelatihan penanggulangan dan evakuasi pasien di RSPAU dr. S. Hardjolukito yang diadakan pada hari Kamis tanggal 16 November 2017. Pelatihan tersebut tidak hanya melibatkan anggota RSPAU namun juga bekerja sama dengan pemadam kebakaran Lanud Adisutjipto. Pelatihan penanggulangan kebakaran tersebut mengingatkan seluruh anggota bahwa setiap bencana kadang bisa tak terduga datangnya, pengetahuan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan bagaimana cara mengevakuasi pasien dan aset saat terjadi kebakaran mutlak diperlukan oleh seluruh anggota RSPAU.

                Simulasi kebakaran tersebut disaksikan seluruh anggota rumah sakit seusai apel pagi, tidak ketinggalan Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI dr. M. Daradjat, Sp. An turut berada di lapangan menyaksikan jalannya simulasi kebakaran yang di pimpin langsung oleh Kasi K3N Mayor Sukoco. Proses demi proses mulai dari pemadaman hingga evakuasi pasien berjalan lancar, semua yang terlibat dalam simulasi kebakaran tersebut nampak serius dengan tugasnya masing- masing. Diharapkan melalui latihan evakuasi ini setiap anggota bisa memahami satu hal bahwa bencana kadang tak pernah dapat diduga kapan datangnya dan setiap usaha evakuasi bertujuan untuk menyelamatkan jiwa, sehingga para seluruh anggota rumah sakit dibekali pengetahuan yang cukup bagaimana harus bertindak untuk tetap tidak panik saat menghadapi bencana, ujar Ka RSPAU seusai acara simulasi kebakaran.

        Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran.Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia. Sehingga masih seringkali terjadi kejadian kebakaran yang selalu mengakibatkan banyak kerugian.  Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. (Humas RSPAU 2017)