Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

ANGGOTA RSPAU LAKSANAKAN SCREENING HIV/ AIDS



Rabu, 8 Januari 2020 RSPAU dr. S. Hardjolukito melaksanakan screening HIV bagi seluruh anggota baik militer, PNS maupun tenaga lepas. Setelah sebelumnya pernah dilaksanakan di tahun 2019, screening HIV kali ini tidak hanya tertuju pada tenaga kesehatan saja namun juga seluruh personil baik medis dan nonmedis. Kegiatan screening HIV ini selain untuk melaksanakan program kerja Dept. Dukkes RSPAU juga merupakan perintah Kasau dan lebih penting lagi perlu dilakukannya deteksi dini penyebaran virus berbahaya tersebut sehingga dapat dilakukan upaya- upaya preventif maupun rehabilitative ujar Koordinator Kegiatan Mayor Kes Wartono disela- sela acara. Setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Denhanud 474 Paskhas, target kali ini sebanyak 500 personil dapat di screening kesehatannya.

Masalah HIV AIDS di Indonesia adalah salah satu masalah kesehatan nasional yang memerlukan penanganan bersama secara komprehensif. Sejak 10 tahun terakhir, jumlah kasus AIDS di Indonesia mengalami lonjakan yang bermakna. Hal ini menuntut perhatian semua pihak, terutama para tenaga kesehatan yang memberikan layanan di rumah sakit. Resiko besar akan tertularnya virus tersebut sangatlah besar dengan adanya kontak langsung kepada pasien maupun terkena cairan tubuh pasien.

Dengan adanya screening HIV/AIDS secara berkala di RSPAU, diharapkan seluruh tenaga kesehatan yang bertugas tidak perlu khawatir akan virus tersebut, terlebih kini di RSPAU dapat juga menangani pasien yang terinfeksi virus tersebut. Dengan hadirnya klinik VCT dan ditangani oleh tenaga professional yang semakin melengkapi pelayanan di RSPAU dr. S. Hardjolukito. Ka Humas RSPAU Letkol Kes Agung Riyadi menambahkan, Selain hal tersebut diatas, pentingnya pengetahuan tentang HIV/ AIDS sangat diperlukan disamping menjaga perilaku, sehingga dapat bersikap dan berperilaku yang tepat dalam bersosial khususnya dalam hidup berkeluarga. (Dok. Humas RSPAU)