Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

ANTISIPASI CODE RED, PERSONIL RSPAU MENGADAKAN PELATIHAN PENGGUNAAN APAR



           Selasa, 22 Agustus 2017 RSPAU dr. S. Hardjolukito mengadakan pelatihan penggunaan APAR (alat pemadam api ringan). Pelatihan penggunaan alat pemadam tersebut dirasa perlu mengingat perkembangan teknologi kini memacu timbulnya berbagai resiko kecelakaan kerja, salah satunya yang mungkin terjadi adalah kebakaran. Seperti yang kita ketahui peristiwa kebakaran dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Tidak ada ruang ataupun lingkungan yang terbebas dari resiko kebakaran, dimana peristiwa tersebut dapat mengakibatkan korban materi serta adanya korban jiwa maupun kerugian lain secara tidak langsung. Sehingga alangkah bijaksananya kita untuk selalu siaga dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat pemadam api portable yang mudah dibawa, cepat dan tepat di dalam penggunaan untuk awal kebakaran, selain itu pula karena bentuknya yang portable dan ringan sehingga mudah mendekati daerah kebakaran.

             Pelatihan penggunaan APAR yang diadakan oleh Sie. K3 RSPAU secara berkala tersebut, antara lain untuk mengetahui cara penggunaan APAR dan pemahaman terhadap fungsi-fungsi serta bagaimana management penggunaan Alat Pemadam Api Ringan. Selain itu seluruh personil RSPAU dr. S. Hardjolukito diharapkan mengetahui tata letak APAR, karena fungsinya untuk penanganan dini dalam menangani kebakaran bisa semaksimal mungkin. Kewaspadaan terhadap bencana di Rumah Sakit perlu dilakukan setiap saat agar pada saat bencana Rumah Sakit mampu untuk mengatasi dan mencegah kerugian yang lebih besar. Pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh karyawan yang ada di Rumah Sakit dan dikedepannya juga akan melibatkan masyarakat di sekitar Rumah Sakit.

            Pelatihan kemudian ditutup dengan praktek lapangan tentang cara penanggulangan kebakaran dengan media APAR dan karung goni basah. Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan Pencegahan & Penanggulangan Kebakaran, para peserta training diharapkan mampu memahami fungsi alat pemadam kebakaran (APAR), mampu menggunakan APAR yang benar dan tepat, mampu menganalisa faktor-faktor yang menyebabkan kebakaran (HUMAS RSPAU)