Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

Bimtek & Penilaian Zona Integritas Menuju WBK & WBBM di RSPAU dr. S Hardjolukito



 

RSPAU dr. S Hardjolukito melaksanakan Bimtek dan Peniaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) (22/07/20). Bertempat di ruang garuda 1 RSPAU kegiatan ini di buka dengan sambutan Ka RSPAU, dilanjutkan sambutan dari Ka Tim Penilai Internal, kemudian pemberian cindera mata, pembacaan do’a, refreshment dan dilanjutkan dengan paparan oleh Tim Bimtek & Penilai. Hadir pada kegiatan kali ini tim penilai Kolonel Adm Dwi Dedy Gunawan (Asbin Itjenau selaku Ketua tim), Letkol Benidektus TEP (Pabandya Anev Itjenau sebagai anggota), Letkol Adm Asep Hidayat (Pabandya RB sebagai anggota), para pejabat RSPAU serta anggota pokja Zona Integritas yang terdiri dari Pokja Manajemen perubahan, Pokja Penatalaksanaan, Pokja Penata Sistem Manajemen SDM, Pokja Penguatan akuntabilitas, Pokja Penguatan Pengawasan dan Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik).

Dalam sambutannya Ka RSPAU dr. S Hardjolukito Marsma TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP mengucapkan selamat datang kepada tim Bimtek dan Penilaian Zona Integritas di RSPAU serta menyampaikan bahwa untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM ini tidaklah mudah tapi RSPAU telah mempunyai komitmen yang tinggi  untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui upaya pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan  kualitas pelayanan publik ini.

Di waktu yang bersamaan Kolonel Adm Dwi Dedy Gunawan selaku Asbin Itjenau/Katim Penilai Internal menyampaikan bahwa beliau yakin RSPAU dr.S.Hardjolukito  bisa masuk kriteria pada zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, beliau juga memberikan kiat atau arahan kepada Kepala RSPAU dr.S.Hardjolukito dan masing-masing ketua tim pokja untuk tetap yakin dan harus melengkapi dokumentasi pada waktu pelayanan baik foto maupun video sebagai data pendukung.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, agar dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Dalam perjalanannya, seperti kita ketahui, banyak kendala yang dihadapi, diantaranya adalah penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, dan lemahnya pengawasan.

Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka RSPAU dr. S. Hardjolukito perlu untuk membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan penerapan pada unit-unit kerja lainnya. Dan untuk itu, kami sangat mendukung upaya pembangunan Zona Integritas seperti yang dicanangkan oleh pimpinan TNI AU. 

Melalui pembangunan Zona Integritas, maka RSPAU diwajibkan untuk menerapkan instrumen Zona Integritas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas Nomor 52 tahun 2014  tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di lingkungan Instansi Pemerintah, dimana dengan hal tersebut diharapkan RSPAU dr. S. Hardjolukito dapat menjadi satker percontohan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Mengacu Telegram Wakasau Nomor T/01/ 2020 tanggal 6 Maret 2020, agar setiap satker menyiapkan diri untuk menjadi satker percontohan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani tahun  2020, maka RSPAU dr. S. Hardjolukito telah melakukan assessment mandiri secara internal melalui Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas. Assessment dilakukan sejak diterbitkannya Sprint Tim Pokja Zona Integritas pada tanggal 23 Maret - 10 April 2020 dimana didalamnya meliputi aspek Manajemen Perubahan (pola pikir dan budaya kerja), Tata Laksana, Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Semoga dengan adanya Tim Penilai Internal TNI AU dapat memberikan pencerahan, bimbingan secara teknis dan sekaligus penilaian yang lebih kongkrit kepada masing-masing pokja, sehingga pembangunan Zona Integritas di RSPAU dr. S Hardjolukito dapat berjalan sesuai harapan. Humas RSPAU