Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

CIPTAKAN KEBERSIHAN HATI DALAM JIWA DAN LINGKUNGAN SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN



RSPAU dr. S. Hardjolukito, Rabu 24 Mei 2017 mengadakan acara “munggahan” atau pengajian menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan. Kata Munggahan sendiri berasal dari "munggah" yang berarti naik. Salah satu maknanya adalah ketika memasuki bulan Ramadhan, masyarakat naik ke waktu atau bulan yang luhur derajatnya, dan diharapkan masyarakat juga menjadi pribadi yang lebih baik seiring dengan tibanya bulan suci Ramadhan, khususnya dalam urusan menahan hawa nafsu selama berpuasa. Acara yang dimulai seusai apel pagi tersebut dibuka oleh Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Kolonel Kes dr. M Daradjat, Sp.An dalam sambutannya Ka RSPAU mengajak segenap ummat islam anggota RSPAU senantiasa lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa dengan melakukan kegiatan amal saleh dengan menjalankan ajaran agama islam berdasarkan rukun islam dan menjauhi segala larangan Allah SWT, terutama menghindari perbuatan maksiat.

Acara yang dihadiri seluruh anggota RSPAU di masjid At-Taqwa tersebut berlangsung khidmad dengan mendatangkan penceramah Ustadz Bp. Syamsuri Al Huda. Dalam ceramahnya beliau menggambarkan bahwa puasa itu diibaratkan seperti induk ayam yang sedang mengerami telurnya. Selama masa eram, induk ayam berpuasa siang dan malam. Pengorbanannya sangat besar demi kelahiran anak-anaknya yang akan menetas dari telurnya masing-masing. Begitu pula dengan berpuasa, manusia hendaknya menjaga hawa nafsu dan berkorban untuk mendapatkan amal dan ibadah yang sempurna.

Tak lupa sehubungan dengan masuknya bulan suci ramadhan Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito menyampaikan himbauan moral kepada seluruh anggota RSPAU, antara lain

1. Manfaatkan momentum bulan suci ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah dan menjauhi larangan allah swt.

2. Bina sikap harga-menghargai dan hormat- menghormati sesama ummat demi terciptanya kerukunan dan kedamaian.

3. Ramaikan masjid dengan kegiatan keislaman dan jaga ketenangan selama shalat tarawih berlangsung.

4. Ciptakan kebersihan hati dalam jiwa dan lingkungan.

5. Mawas diri dan kendalikan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat memancing keresahan masyarakat.

6. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan higienis, baik saat sahur maupun berbuka.