Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

EDUKASI AWAM HIDUP SEHAT DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIS



RSPAU dr. S. Hardjolukito 1 Juni 2016 menyelenggarakan Edukasi Awam Hidup Sehat Dengan Penyakit Ginjal Kronis. Edukasi awam tersebut rutin diadakan oleh RSPAU dr. S. Hardjolukito dengan tujuan memberikan edukasi agar masyarakat dapat meningkatkan pemahaman mengenai penyakit ginjal kronis dan bagaimana mencegahnya serta pengelolaan diri pasien gagal ginjal kronis, materi seminar awam tersebut disampaikan langsung oleh dr. Fredie Irijanto Sp. PD., KGH.

Penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD)  adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Kondisi ini bersifat permanen. Status CKD berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir. Beberapa kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi menjadi penyebab terjadinya tekanan pada ginjal. Dalam jangka panjang, kondisi- kondisi ini membuat  fungsi- fungsi di atas tidak akan berjalan dengan baik.

Penyakit ginjal kronis diderita sekitar 10% populasi dunia.  Tingginya jumlah penderita diabetes di Asia membuat gagal ginjal lebih umum terjadi pada penduduk Asia. Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab terkuat terjadinya penyakit ginjal kronis di Asia. Indonesia termasuk kedalam 10 besar negara di Asia dengan kasus penyakit gagal ginjal tertinggi.

Di indonesia dan khususnya di Yogyakarta belum diketahui angka kejadiannya secara pasti, karena masih kurangnya penelitian yang dilakukan. Dapat dilihat dari peningkatan jumlah penderita gagal ginjal dari data kunjungan ke poliklinik ginjal dan banyaknya penderita yang menjalani cuci darah, ujar Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito dalam sambutannya yang diwakilkan oleh dr. Wahyu W., Sp. S., M. Kes. Acara seminar awam tersebut ditutup dengan materi Asupan Gizi Pasien Gagal Ginjal Kronis oleh Mayor Kes Tri Harsono, STP.