Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

Kesiapsiagaan RSPAU dr. S Hardjolukito dalam Penanganan Kecelakaan Pesawat



 

Foto 1. Tim Dukkes RSPAU mengevakuasi korban 

RSPAU dr. S Hardjolukito melaksanakan Latihan simulasi kecelakaan pesawat yang bekerjasama  dengan Lanud Adisutjipto. (05/09/19). Simulasi latihan dimulai dengan Lanud Adisutjipto (Piket Lanud)calling emergency(IGD) karena telah terjadi truoble engine pada pesawat KT-1 Wongbee yaitu pada fire detector light menyala, “request direct landing” pada posisi 24 medium dengan membawa siswa konversi. Tower merespon berita dari pesawat yang mengalami kerusakan dan menginstruksikan melaksanakan pendaratan. Pesawat calling distress karena canopi dan kabel terbakar, dan engine mengeluarkan asap dan akan melakukan pendaratan di Lapangan Baturetno dan Base Ops Lanud Adisutjipto.

Kejadian tersebut langsung mendapat penanganan dari crash team Lanud Adisutjipto yang terdiri dari unsur Baseops, Pemadam Kebakaran (PK), Satpomau, Paskhas, serta Intelijen, Sesuai tugas masing-masing tim Dukkes RSPAU dengan cekatan menangani korban yang tiba di IGD RSPAU. Dua korban pertama dari yang dibawa ke IGD RSPAU langsung mendapat penanganan dari tim kesehatan. Satu korban lainnya dibawa menggunakan jalur udara dan langsung di evakuasi oleh tim Dukkes RSPAU di lapangan sport center RSPAU kemudian di bawa ke IGD untuk dilakukan perawatan. Dari data tim Dukkes RSPAU tiga korban teridentifikasi selamat.

 

Foto 2. Tim kesehatan RSPAU menangani korban kecelakaan pesawat

Turut berpartisipasi dalam simulasi kali ini Kagadar  RSPAU dr. S Hardjolukito Letkol Kes dr. Susilo, beliau berharap dengan adanya latihan crash team ini bisa merefresh kembali terimakasih atas kesempatannya untuk merefresh Pengungsian Medik Udara (PMU), baik PMU satu, dua maupun tiga di rumah sakit ini serta untuk menambah skill dari anggota dan menambah daya respon apabila terjadi peristiwa yang sama.

Kepala Humas RSPAU dr. S Hardjolukito Letkol Kes Agung Riyadi menambahkan semoga dengan adanya simulasi ini bisa menambah kualitas pelayanan, teknik dan skill semua tenaga, baik dari lanud Adisutjipto maupun tenaga kesehatan dari RSPAU dr. S Hardjolukito. Dok Humas RSPAU