Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA KEPERAWATAN, RSPAU MENGADAKAN PELATIHAN BTCLS



RSPAU dr. S. Hardjolukito Rabu, 23 Oktober 2019 kembali melaksanakan pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).Ditengah persiapannya menghadapi survey Verifikasi I Akreditasi Rumah Sakit Versi SNARS 2017 awal Desember 2019 mendatang. RSPAU terus meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Berbagai pelatihan dan seminar terus dilakukan, salah satunya pelatihan penanganan pasien dengan kasus-kasus trauma dan kardiovaskular ini. Tercatat 21 peserta dari 33 peserta merupakan anggota RSPAU dr. S. Hardjolukito sedangkan 12 sisanya merupakan peserta umum. Acara dibuka oleh Waka RSPAU Kolonel Kes dr. Djarot Sudjatmoko, Sp.KJ, beliau berharap agar para peserta latihan bersungguh-sungguh selama mengikuti pelatihan BTCLS, mengingat pelatihan ini cukup padat baik dari segi waktu maupun materi. Beliau juga berharap agar seluruh peserta yang mengikuti Pelatihan BTCLS  dapat memenuhi kompetensi dalam bidang keilmuan keperawatan sehingga tercipta SDM yang professional dan pelayanan asuhan keperawatan di RSPAU semakin baik.

Seperti yang kita ketahui keadaan Gawat Darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan petugas kesehatan untuk mengantisipasi kejadian itu. Bila kita cermati, kematian-kematian karena henti jantung dan henti nafas selama ini cukup banyak baik pada area pre hospital maupun intra hospital. Management pertolongan keadaan Gawat Darurat pada kedua area tersebut sampai saat ini masih banyak kekurangan / sangat menyedihkan. Banyak kematian-kematian yang mestinya bisa dicegah bila kita punya kepedulian terhadap masalah tersebut. Mewakili Pusbankes DIY Bok. I Nyoman Suaba, APP dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan BTCLS ini bukan merupakan pelatihan untuk sertifikat semata namun juga didalamnya terdapat pelatihan keterampilan, sehingga kesiapan waktu dan tenaga dari peserta harus benar- benar dipersiapkan, karena persyaratan utama dari kelulusan pelatihan tersebut adalah mengikuti 100%.

Rangkaian pelatihan diawali dengan pre test BTCLS yang bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta terkait kegawatdaruratan trauma dan kardiovaskular, serta untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang konten pelatihan BTCLS tersebut. Ujian evaluasi teori maupun praktik dilakukan pada hari terakhir pelatihan. Selanjutnya peserta akan mengikuti rangkaian pelatihan BTCLS selama 5 hari, hingga penutupan di hari minggu 27 Oktober 2019 mendatang. (dok.Humas RSPAU)