Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

MENUJU RSPAU LULUS PARIPURNA SURVEY AKREDITASI SNARS EDISI I



Dalam rangka mempersiapkan akreditasi rumah sakit SNARS edisi I, RSPAU dr. S. Hardjolukito Senin 17 September 2018 menyelenggarakan bimbingan akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Bimbingan yang diselenggarakan untuk 15 kelompok kerja (Pokja) dan dilaksanakan selama enam hari mulai tanggal 4 – 6 September dan dilanjutkan pada tanggal 17 – 19 September 2018 dengan tiga pembimbing yakni Saida Simanjuntak, S.Kp, MARS, dr. Yawestri Pudjiati Giningrum,MARS dan dr. Yanuar Hamid, Sp.PD,MARS

Di awal bimbingan, dr. Yawestri Pudjiati Giningrum,MARS menjelaskan bahwa akreditasi rumah sakit versi 2012 berbeda dengan versi 2017.  Fokus akreditasi versi 2012 adalah pada kelompok kerja sedangkan versi 2017 pada pola asuhan pasien yang meliputi semua pelayanan terhadap pasien. Akreditasi versi 2017 mengarah ke hasil yang dapat dirasakan secara langsung oleh pasien.

Selama bimbingan para peserta tampak antusias. Hal itu dapat dilihat dari penuhnya kursi yang disediakan dan interaksi tanya jawab antara peserta dan pembimbing. Pada kesempatan itu dijelaskan pula tentang standar dan elemen-elemen penilaian setiap Pokja serta metode penilaian akreditasi versi 2017. Metode penilaian dilakukan secara telusur. Surveyor melakukan metode telusur dengan membandingkan / mencocokan antara dokumen regulasi dan implementasinya.

Kegiatan bimbingan akreditasi tidak hanya dilakukan di dalam ruangan tetapi juga dilaksanakan dengan melakukan tinjauan langsung ke unit- unit. Pembimbing menelusur dan memberikan rekomendasi apa yang harus dibenahi. Penelusuran dilakukan dengan melihat, mengamati, dan tanya jawab antara pembimbing dan karyawan yang sedang bertugas. Dengan adanya bimbingan akreditasi snars edisi I  ini, semoga RSPAU dr. S. Hardjolukito semakin siap menghadapi survey akreditasi snars versi 2017 nanti, manfaatkan momen ini untuk bertanya dan diskusi dengan pembimbing agar standar rumah sakit kita bisa menjadi lebih baik dan tetap paripurna, ujar Ka RSPAU Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto, MSc.,Sp.BS(K).,Sp.KP dalam pembukaan bimbingan akreditasi bidang medis di Ruang Garuda RSPAU dr. S. Hardjolukito.