Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

PARADE KESEHATAN CALON BINTARA TNI AU T.A 2019 DI RSPAU dr. S. HARDJOLUKITO



 

RSPAU dr. S. Hardjolukito menggelar Parade Kesehatan seleksi calon Bintara Tahun 2019,  bertempat di Gedung Medical Check-Up, Senin (25/11). Parade kesehatan yang dipimpin langsung oleh Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI dr. Djunadi MS, Sp.KP kali ini diikuti oleh lebih dari 1086 orang calon siswa yang hadir dari wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dalam acara tersebut Ka RSPAU didampingi oleh sejumlah dokter spesialis yang tergabung dalam Panitia pemeriksaan melaksanakan pemeriksaan secara detil dari setiap casis Bintara kali ini. Hal tersebut mutlak dilakukan karena momen ini akan sangat menentukan dalam mendapatkan sumber daya manusia TNI AU yang berkualitas dan siap menerima tugas- tugas TNI yang tidak ringan.

Sebagai institusi yang bertanggung jawab dengan kesehatan prajurit TNI AU, RSPAU berkomitmen menyiapkan calon prajurit yang sesuai dengan kebutuhan dan mengutamakan obyektifitas . Ketelitian dalam pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam perang yaitu harus memperhitungkan kelelahan fisik dan mental. Kegiatan militer ditandai dengan beban fisik dan beban psikologis yang tinggi, sehingga memerlukan kebugaran fisik dan komposisi tubuh ideal, karena memiliki efek langsung pada setiap pergerakan  militer.

Selanjutnya para calon siswa akan melaksanakan rangkaian tes kesehatan yang akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu tes kesehatan bagian luar dan bagian dalam tubuh. Pemeriksaan kesehatan luar tubuh meliputi tinggi badan, postur, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan THT, serta alat reproduksi, hingga anus. Sementara itu, pada tubuh bagian dalam akan dilakukan rontgen, tes urine, hingga tes darah. Setelah itu juga, akan dilakukan pemeriksaan mental, dikarenakan seorang personel militer harus memiliki  kesehatan mental yang prima.Dok Humas RSPAU