Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

Peresmian Gedung Paviliun Psikiatri dan Gedung Harfas RSPAU dr. S Hardjolukito oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara



 

      RSPAU dr. S Hardjolukito meresmikan fasilitas baru di RSPAU yaitu gedung Paviliun Psikiatri dan gedung Pemeliharaan Fasilitas (03/11/19). Bertempat di halaman gedung Paviliun Psikiatri RSPAU diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M. Acara dimulai dengan sambutan ka RSPAU Marsma TNI dr. Djunadi, MS., Sp.KP dilanjutkan sambutan oleh  Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna S.E., M.M. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda dioperasionalkannya fasilitas pelayanan kesehatan Paviliun Psikiatri RSPAU dr. S. Hardjolukito. Pada kesempatan ini Kasau dan rombongan didampingi oleh para asisten Kasau, Pangkotama TNI AU, para Kepala Dinas Markas Besar Angkatan Udara, serta ibu Yuyu Sutisna dan pengurus PIA AG Mabes AU melaksanakan peninjauan terhadap Paviliun Psikiatri yang baru ini.  


       Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito dan Kadiskes AU beserta seluruh keluarga besar RSPAU dr. S Hardjolukito atas usaha pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan yang dibangun secara swadaya ini. Mengingat anggaran TNI Angkatan Udara saat ini diprioritaskan pada kesiapan alutsista, sehingga pembangunan fasilitas secara swadaya merupakan suatu terobosan tersendiri dari RSPAU dr. S. Hardjolukito untuk dapat terus mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Udara. Dalam sambutannya, beliau berharap agar seluruh rumah sakit TNI AU di Indonesia dapat mengikuti jejak RSPAU dr. S. Hardjolukito, sehingga dapat semakin meningkatkan peran RSAU dalam pelayanan kesehatan, bagi keluarga besar TNI Angkatan Udara dan masyarakat sekitar serta dapat menjaga dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik baik kepada keluarga besar TNI Angkatan Udara maupun masyarakat Yogyakarta dan Indonesia.
      RSPAU dr. S. Hardjolukito sebagai jajaran Dinas Kesehatan TNI AU telah memiliki Paviliun Psikiatri, yang merupakan paviliun kesehatan jiwa pertama di Faskes TNI AU. Dalam sambutannya Ka RSPAU Marsma TNI dr. Djunadi, MS., Sp.KP berharap dengan adanya fasilitas baru diharapkan dapat turut mendukung dan melengkapi pelayanan kesehatan sebagai implementasi sebagai Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dan dapat lebih meningkatkan komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada pasien dan keluarga.  


      Selama ini tidak sedikit pasien dengan gangguan jiwa atau depresi datang dari kalangan orang mampu namun mereka malu kalau sampai dirawat di rumah sakit kejiwaan umum sebagai akibat stigma buruk yang melekat pada pasien-pasien kejiwaan. Untuk itu RSPAU dr. S Hardjolukito hadir dengan fasilitas baru yaitu Paviliun VIP Psikiatri yang memiliki kemampuan untuk menjaga privasi pasien secara lebih terjamin. Dan bahkan bukan hanya pasien dengan gangguan jiwa, namun paviliun ini juga bisa digunakan untuk perawatan pasien yang menjalani rehabilitasi narkoba.  
    Dibangun di areal kurang lebih 500 m⊃2; Paviliun Psikiatri RSPAU dr. S Hardjolukito ini diawaki oleh 15 perawat kami yang sudah terlatih. Oleh karena itu penanganannya dilakukan secara profesional sesuai kaidah-kaidah ilmu kedokteran terbaru, namun masih tetap menjunjung tinggi harkat dan martabat pasien sebagai seorang manusia. Pada kesempatan ini turut hadir sebagai tamu undangan PJ Sekertaris Daerah Provinsi DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si mewakili Gubernur DIY,  Direktur RSJ Grhasia Ahmad Akhadi, Direktur RS JIH dan Rektor Universitas Amikom dan seluruh mitra RSPAU dr. S. Hardjolukito. 
      “Paviliun Psikiatri akan menjadi pilihan alternatif pelayanan kesehatan psikiatri di Daerah Istimewa Yogyakarta karena di paviliun RSPAU memiliki pelayanan kesehatan jiwa bagi pasien yang membutuhkan privasi” Ujar  PJ Sekda provinsi DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si. Dok RSPAU