Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr. S Hardjolukito Dalam Simulasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah (DBD)



 

     RSPAU dr. S Hardjolukito melaksanakan kegiatan simulasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah (DBD) (21/11/19). Kegiatan ini berlangsung di IGD dan Gedung Abdurrahman Saleh RSPAU dengan  jumlah peserta 50 personil terdiri dari pelaku dan pengendali. Simulasi ini merupakan salah satu upaya RSPAU untuk mengantisipasi apabila terjadi Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah (DB) di RSPAU dr. S Hardjolukito. Serta untuk mengasah kemampuan personil dari medis dan nonmedis dari masing-masing unit terkait.

     Dalam simulasi ini suasana di setting seperti kejadian sebenarnya. Kegiatan dimulai dari pasien datang melalui IGD dan dilakukan transfer pasien ke ruang perawatan secara detail. Seluruh anggota yang terlibat melaksanakan dengan sungguh-sungguh. Pada kesempatan ini Diryanmed RSPAU Kolonel Kes dr. Swasono R, Sp.THT-KL., M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tambahan wawasan dan peningkatan skill dari seluruh anggota RSPAU, nantinya agar saat terjadi KLB DB di lingkungan Yogyakarta dan sekitarnya bisa langsung menangani dan menanggulangi sehingga tidak terjadi jatuhnya korban jiwa dan meminimalisir kejadian DBD di wilayah rumah sakit TNI AU dan wilayah Yogyakarta pada umumnya. 

     KLB merupakan kejadian meningkatnya atau merebaknya suatu penyakit tertentu, yang dapat menimbulkan wabah, dan semuanya diatur dalam bentuk tata cara penyampaian laporan dan penanggulangan seperlunya. Sedangkan definisi dari wabah dan KLB menurut PerMenKesRI No. 560/MENKES/PER/VIII/1989. adalah kejadian berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka. 

     Kegiatan penanggulangan KLB demam berdarah di RSPAU merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya bekerjasama dengan bagian Diklat RSPAU kolaborasi dengan unit terkait lainnya tambah ketua kegiatan simulasi Letkol Kes Sri Purwaningsih, S. KM., M.PH. Perubahan cuaca yang kini tidak menentu menjadi salah satu perlunya kegiatan ini dilaksanakan. Sehingga RSPAU dr. S Hardjolukito lebih siap menghadapi musim pancaroba yang identik dengan penyakit demam berdarah. Dok RSPAU