Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr. S Hardjolukito Turut Waspada Novel Coronavirus



 

      RSPAU dr. S Hardjolukito melaksanakan sosialisasi tentang virus corona kepada seluruh anggota RSPAU (31/1/2020). Hadir sebagai pemateri sosialisasi Dokter Spesialis Paru RSPAU dr. S Hardjolukito Letkol Kes dr. M. Azhari, Sp. P. Acara yang berlangsung di Garuda 1 RSPAU ini diikuti oleh seluruh anggota RSPAU, baik militer, PNS maupun Tenaga Lepas. Hadir pula dalam sosialisasi ini Ka RSPAU Marsma TNI dr. Djunadi, MS., Sp.KP dan Waka RSPAU Kolonel Kes dr. Hendro Yulieanto MS, M.Han, Sp.An, Sp.KP.

      Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah mengenai definisi coronavirus, beberapa negara yang sudah terindikasi terinfeksi virus, penyebab dan penularan coronavirus serta langkah-langkah upaya kewaspadaan dini. Dalam paparannya Letkol Kes dr. M. Azhari, Sp. P menyampaikan bahwa coronavirus merupakan virus zoonotic. Virus ini bersifat zoonosis, artinya, virus corona bisa disebabkan oleh binatang yang membawa virus kemudian ditularkan ke manusia. Virus ini dapat menyebabkan penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

      Penularan Coronavirus sendiri bisa menular dari manusia ke manusia melalui  saluran napas seperti batuk dan bersin, Kontak dekat personal (menyentuh atau jabat tangan), menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus disana dan ketika menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan, serta kontaminasi feses. Namun kasus ini masih terus diteliti. Selain itu dr. Azhari juga memaparkan mengenai upaya tindakan medis kepada pasien terinfeksi Coronavirus apabila ada pasien terinfeksi di RSPAU.

      Pada kesempatan ini ka RSPAU menghimbau kepada seluruh anggota RSPAU agar tenang dan tidak panik dengan adanya virus ini karena saat ini tidak ada pasien terindikasi terinfeksi di Indonesia, khususnya Yogyakarta. Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa menambah pengetahuan yang benar mengenai virus corona dan seluruh anggota RSPAU  bisa melakukan upaya-upaya pencegahan sekaligus meningkatkan perilaku hidup sehat.Dok Humas