Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr.S.Hardjolukito Gelar  Pelatihan Advanced Trauma Life Suport (ATLS)



Pelatihan Advanced Trauma Life Support (ATLS) di gelar di RSPAU dr.S.Hardjolukito (26/7/19).Pelatihan ini digelar sebagai upaya  Peningkatan Kemampuan Penanganan Kegawat Daruratan para dokter Umum.

Setelah sukses mengadakan Pelatihan Advanced Trauma Live Support (ATLS) pada maret 2019, RSPAU dr. S. Hardjolukito 26-28 Juli 2019 kembali mengadakan pelatihan  yang khusus membahas tentang masalah trauma yang bersifat gawat darurat tersebut. Pelatihan akan diadakan selama 3 hari serta diikuti oleh 34 peserta yang 15 peserta diantaranya merupakan dokter militer TNI AU dari jajaran Diskesau. Sebagai Rumah Sakit Pusat, RSPAU berkomitmen menyelenggarakan pengembangan pendidikan dan latihan serta penelitian bidang kesehatan guna menunjang dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang optimal, hal tersebut tertuang dalam misi rumah sakit. Selain itu penyelenggaraan ATLS ini merupakan salah satu upaya Diskesau, khususnya Binprofkes dalam membina personel militer berprofesi dokter guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia TNI AU. Sertifikat course ATLS saat ini semakin dicari karena sebagian besar klinik atau rumah sakit dan instansi layanan kesehatan menetapkannya sebagai salah satu syarat untuk mempekerjakan seorang dokter. Dari Depkes pun telah menetapkan sertifikasi pelatihan ini sebagai standard dalam penilain akreditasi rumah sakit. Sertifikat course ATLS saat ini semakin dicari karena sebagian besar klinik atau rumah sakit dan instansi layanan kesehatan menetapkannya sebagai salah satu syarat untuk mempekerjakan seorang dokter. Dari Depkes pun telah menetapkan sertifikasi pelatihan ini sebagai standard dalam penilain akreditasi rumah sakit.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kadiskesau Marsma TNI dr. Didik Kestito, Sp.U.,M.M.R.S yang diwakili oleh Ka RSPAU Marsma TNI DR. dr. Isdwiranto I,MSc., Sp.BS(K)., Sp.KP. dalam sambutannya beliau berpesan agar penanganan pasien dengan kasus gawatdarurat, harus dilaksanakan sesuai dengan standar operasional dan prosedur (SOP) yang berlaku dan standar akreditasi rumah sakit dengan senantiasa di evaluasi mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kedokteran  yang berkembang dengan pesat. Guna menselaraskan kebutuhan satuan kerja agar  memiliki skill dengan yang baik maka upaya yang dilaksanakan adalah melalui program pendidikan dan pelatihan yang aplikatif dengan bidang profesinya.

Humas RSPAU Letkol Kes Agung Riyadi dalam kesempatan berbeda menyampaikan Para peserta "pelatihan ATLS mendapatkan materi diantaranya, kuliah interaktif, demontrasi, group diskusi, latihan ketrampilan langsung termasuk menggunakan binatang percobaan,  simulasi dan ujian baik tertulis maupun praktek. Diajarkan lebih dari 10 materi kasus ke-emergency-an namun kesemuanya memiliki prinsip penanganan yang sama". Harapannya setelah mengikuti pelatihan ATLS ini, para peserta mampu memberikan pertolongan medis secara cepat dan akurat  baik di instalasi gawat darurat maupun di daerah latihan dengan sehingga mampu menekan risiko kematian dan kerugian personel. (dok. Humas RSPAU)