Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

RSPAU TERIMA KUNJUNGAN TIM MONEV DARI PUSAT KESEHATAN TNI UNTUK PELAKSANAAN PENANGGULANGAN HIV/AIDS



RSPAU dr. S. Hardjolukito news, RSPAU dr. S. Hardjolukito menerima kunjungan tim Monev (Monitoring and evaluation) dari Pusat Kesehatan TNI untuk pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS di DIY Rabu(28/11). Kunjungan supervisi Pusat Kesehatan TNI Mabes TNI ini bertajuk “ Supervisi Klinis Bagi Rumah Sakit Penyedia Layanan HIV dari Puskes TNI dan Yayasan Siklus Indonesia”. Dalam acara tersebut hadir Waka RSPAU dr. S. Hardjolukito mewakili Ka RSPAU Kolonel Kes dr. Djarot Sp.J. beserta pejabat RSPAU dan Tim penanggulangan HIV RSPAU dr. S. Hardjolukito yang dalam hal ini di pimpin Oleh Letkol Kes dr. Edi Sp.PD. Dalam Kunjungannya di RSPAU dr. S. Hardjolukito Tim Monev Puskes TNI ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan bimbingan klinis kepada petugas medis pada perawatan kasus HIV sesuai dengan pedoman nasional.
  2. Memberikan konsultasi klinis untuk pemecahan masalah terutama dalam penanganan kasus rumit ( Toksisitas ART, Pemulihan sindrom inflamasi kekebalan, HIV/TB (TB), pengobatan anak-anak atau wanita hamil) atau melakukan rujukan yang tepat.
  3. Membantu pengembangan prosedur operasi standar untuk penyediaan perawatan klinis HIV bekerjasama dengan jejaring setempat termasuk pemecahan masalah dengan alur pasien, pelacakan mangkir (Lost Follow Up), atau memperjelas jalur rujukan dengan mengembangkan alur yan tepat.
  4. Meningkatkatkan motivasi petugas kesehatan ( RSPAU dr. S. Hardjolukito) dengan menyediakan dukungan tekhnis yang efektif serta menyediakan dukungan tekhnis terkait perencanaan logistik dan pelaporan.

Tim Puskes TNI di Pimpin oleh Kolonel Kes dr. Harowi Sp.THT dengan didampingi Oleh Perwakilan dari ODC US Embassy. Pada kesemapatan kegiatan monitoring kali ini juga Waka RSPAU selaku mewakili Ka RSPAU menjelaskan bahwa pelayanan penanggulangan HIV di RSPAU sudah dilaksanakan walaupun dengan beberapa keterbatasan , baru pelayanan konseling saja yang dapat dilakukan selebihnya bekerja sama dengan RS Sardjito Yogyakarta dalam hal perawatan Klinis dari pasien-pasien yang ditemukan. Selanjutnya RSPAU dr. S. Hardjolukito akan mengembangkan pelayanan ini. Ini sudah terlihat dari RSPAU sudah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup representatif di Gedung A RSPAU dan telah menyiapkan petugas kesehatan yang siap melayani para pasien dengan ODHA baik anggota TNI, TNI AU , Keluarga dan Masyarakat Umum. Selanjutnya dr, Djarot menambahkan sebenarnya di lingkungan TNI sudah sangat ketat dalam pemeriksaan kesehatan bagi personel maupun keluarganya ini di buktikan dengan bagi para generasi muda yang ingin menjadi prajurit  TNI AU (Calon Prajurit), calon pasangan suami istri dan calon pasukan GARUDA selalu di screning HIV. Acara dilangsungkan di gedung Garuda 2 RSPAU dr. S. Hardjolukito dengan agenda pemaparan kesiapan Tim Penanggulangan HIV RSPAu dan pemaparan Tim Monev Puskes TNI tentang program dan rencana kerja Puskes TNI dalam penanngulangan HIV. Selanjutnya Tim beserta rombongan melakukan visitasi ke tempat pelayanan HIV RSPAU di Gedung A RSPAU. Pada visitasi kali ini Ibu Vini salah satu pendamping dari ODC US Embassy menyampaikan bahwa RSPAU dr. S. Hardjolukito telah siap untuk dapat melaksanakan pelayanan HIV bagi semua pasien yang datang dan mempunyai keyakinan yang sangat besar RSPAU akan menjadi salah satu pusat penanggulangan HIV di Yogyakarta. Kegiatan Supervisi Klinis Bagi Rumah Sakit TNI ini tidak hanya di laksanakan di RSPAU dr. S. Hardolukito namun juga di laksanakan di RSAU  dr. M Hasan Toto, Lanud Atang Sanjaya, Bogor, dan Rumkit Tk.II dr. Soejono TNI AD Magelang.