Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

SIMULASI PENANGANAN BENCANA BERSAMA ANGKASA PURA



Telah terjadi kecelakaan pesawat Koala Air jenis Airbus A320 CQ-ANK dengan nomor penerbangan ANK092 dari Darwin menuju Jakarta. Pesawat itu mengalami kerusakan mesin dan memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Ketika akan mendarat, pilot memberikan info ke tower ATC (Air Traffic Control) dan diteruskan kepada tim ARFF (Airport Rescue and Fire Fighting). Saat mendarat, pesawat yang mengangkut 143 orang penumpang dan 7 orang kru pesawat ini kehilangan kendali sehingga oleng dan jatuh di pagar perimeter. Kejadian diatas merupakan simulasi latihan gabungan penanganan bencana pesawat jatuh yang diikuti oleh RSPAU dr. S. Hardjolukito serta 700 personel gabungan dari PT Angkasa Pura I, TNI AU Lanud Adisutjipto, Perum LPPNPI Cabang Adisutjipto, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Yogyakarta, instansi keamanan, pemerintahan, dan rumah sakit setempat.

RSPAU dr. S. Harjolukito sendiri sebelumnya telah mengadakan inhouse training pelatihan triage yaitu proses khusus memilah pasien berdasar beratnya cedera atau penyakit untuk menentukan jenis perawatan gawat darurat serta transportasi selanjutnya sehingga dengan dilakukan kegiatan tersebut para personil sudah tahu akan melakukan apa jika terjadi keadaan darurat.. Tindakan ini merupakan proses yang berkesinambungan sepanjang pengelolaan musibah terutama musibah yang melibatkan massa. Simulasi saat itu dibuat kondisinya seperti sebenarnya untuk menguji, melatih, sekaligus memantapkan kemampuan personil dalam penanganan situasi pesawat jatuh, karena RSPAU dr. S. Hardjolukito menurut letaknya sangat dekat dengan bandara.

Dalam simulasi itu digambarkan bahwa 17 orang meninggal, 33 orang luka berat, 42 orang luka sedang, dan 52 orang luka ringan. Seluruh korban selanjutnya ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kedepannya, RSPAU dr. S. Hardjolukito akan mengadakan simulasi serupa agar seluruh personil RSPAU selalu siap siaga dengan kondisi serupa.(HUMAS.DEPT2017)