Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Buka : Senin sampai sabtu - 8:00 - 16:00 Contact : (0274) 444702

Trik Mengendalikan Kadar Kolesterol Tinggi



Pengertian Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang beredar di dalam darah. Seringkali dikatakan sebagai zat yang harus dihindari oleh pendapat yang awam.padahal kita tidak bisa hidup tanpa zat yang sebagian besar diproduksi di hati itu. Permasalahan nya adalah jika penggunaannya kurang baik seperti contohnya jarang melakukan aktivitas fisik rutin mengakibatkan pembakaran kolesterolnya tidak ada berakibat menumpuk dan timbulkan gangguan. Tubuh kita menggunakan kolesterol untuk membentuk membrane sel, produksi hormon dan menjaga tubuh berfungsi secara normal. Kegunaan yang paling bisa kita rasakan yakni berikan perlindungan sebagian sel tubuh demi menjaga suhu normal. Selain itu digunakan hati membuat asam empedu guna mencerna lemak serta membantu proses sintesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari pagi yang nantinya digunakan untuk penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang.

Apakah itu Kolesterol baik dan Kolesterol Jahat ?

Terdapat dua kelompok kolesterol, yakni kolesterol baik atau biasanya dikenal dengan istilah HDL(High-Density-Lipoprotein) dan kolesterol jahat yang biasanya dikenal dengan sebutan LDL (Low-Density-Lipoprotein). Mengapa HDL dikatakan kolesterol baik karena digunakan tubuh menonaktifkan kolesterol jahat, menarik kolesterol bebas dari ester kolesteril yang terdapat di kelompok kolesterol jahat, setelah dipecah oleh enzim dan membawanya ke hati.

Disebut kolesterol jahat atau LDL, karena mudah menempel di pembuluh darah menjadi kolesterol oksidatif jika teroksidasi oleh radikal bebas yang berakibat rusak nya dinding pembuluh arteri karena mengalami peradangan serta terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah akan membentuk lapisan seperti lilin lama kelamaan mengeras dan rapuh sehingga merusak elastisitas, membuat tumpukan lemak atau disebut plak ateroskelorotik berakibat penyempitan pembuluh atau tersumbat nya aliran darah.

Kolesterol jahat yang tinggi dapat mengendap di pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Dan hal ini adalah situasi yang berbahaya bagi kesehatan.

Semakin sedikit LDL di dalam tubuh akan semakin baik. Sesuai namanya, LDL memang idealnya tetap rendah. Sebaliknya, LDL yang tinggi di dalam pembuluh darah justru berdampak tidak baik bagi kesehatan. Penyempitan pembuluh darah akibat aterosklerosis yang terjadi di jantung perlu diwaspadai. Karena aterosklerosis bisa memicu terjadinya penyakit jantung koroner.

Aliran darah ke jantung bisa terhenti akibat penyumbatan total di pembuluh darah. Kondisi ini membuat terjadinya pengurangan pasokan oksigen dan nutrisi, yang menghasilkan serangan jantung.

Pembuluh darah tersebar di seluruh tubuh dan penyumbatan darah di titik organ tubuh tertentu menyebabkan akibat tertentu, Akibat penyumbatan pembuluh darah diantranya seperti :

  1. Jika penyumbatan pembuluh darah di otak maka dapat beresiko terkena serangan stroke atau penyakit stroke. Darah yang diperlukan oleh otak untuk menjalankan fungsi-fungsi otak,  namun karena darah tersendat akibat tersumbat maka fungsi otak tersebut menjadi abnormal atau tidak berfungsi normal akibatnya muncul serangan stroke.
    .
  2. Jika penyumbatan pembuluh darah di jantung maka dapat beresiko terkena serangan jantung. Karena aliran darah ke organ jantung terhenti akibatnya jantung tidak berfungsi sekejap dan terjadi lah serangan jantung. Jika terjadi sumbatan total pada serangan jantung ini akan menyebabkan kematian mendadak.
  3. Jika pembuluh darah di ginjal maka dapat mengakibatkan adanya gangguan ginjal, fungsi ginjal.  

Itulah adalah 3 contoh dari penyumbatan pembuluh darah namun dari kebanyakan akibat dari penyumbatan tersebut adalah penyumbatan pembuluh darah di otak yang menyebabkan stroke dan pembuluh darah di jantung yang menyebabkan serangan jantung. Dua penyakit mematikan ini yang sering berdampak dari penyumbatan pembuluh darah.

Trik mengendalikan kolesterol tinggi serta pencegahan yang bisa dilakukan ??

Pola hidup yang tidak sehat penyebab dari tingginya nilai kolesterol yang berakibat penyumbatan pembuluh darah. Dengan menerapkan Pola hidup sehat yang bisa kita lakukan secara mandiri seperti berikut ini:

  1. Pola makan di atur, jangan berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga makanan mengandung glukosa tinggi.
  2. Asupan gizi yang seimbang seperti sayuran dan buah-buahan
  3. Olah raga teratur, olah raga ini penting karena dapat melancarkan peredaran darah dan juga dapat melatih otot-otot sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.
  4. Istirahat yang cukup, idealnya 8 jam per hari minimal 6 jam per hari. Apalagi jika anda seorang pekerja berat tentu membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh agar di pagi hari menjadi bugar.
  5. Hindari stres, karena orang yang stres banyak kehilangan nafsu makan, susah tidur dan sebagainya yang dapat memicu pola hidup yang tidak sehat.

 

Pandangan menurut sisi Laboratorium :

Perlu check up kolesterol untuk mencegah asterosklerosis di atas usia 30 tahun untuk mengetahui lebih dini. Apalagi usia 40 atau 50 tahun. Jika sudah terdeteksi hasil laboratorium dengan kolesterol tinggi, maka sebelum pasien melakukan pemeriksaan kembali dalam jangka waktu 6 minggu, dianjurkan untuk melaksanakan olah raga teratur misalnya setengah jam lari pagi atau jarak tempuh lari 6 km dan jika bersepeda 16 km guna meningkatkan kolesterol HDL. Berikut ini kami sampaikan Nilai rujukan pemeriksaan profil lipid  untuk menetapkan apakah seseorang mempunyai risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah: (1) Kolesterol Total di bawah 200 mg/dl, (2) HDL di atas 40 mg/dl, (3) LDL di bawah 100 mg/dl, (4) Trigliserida di bawah 150 mg/dl, (5) Apo B antara 90 mg/dl atau dibawah 80 mg/dl bagi yang mempunyai faktor risiko, (6) Small Dense LDL di bawah 1,2  ,(7) Lp(a) di bawah 18 mg/dl, (8) hsCRP di bawah 1 mg/dl, bila hsCRP di atas 3mg/dl berarti berisiko tinggi. Selain melakukan pemeriksaan laboratorium diperlukan pula pemeriksaan EKG dan pemeriksaan jantung menggunakan teknik USG.

Mayor Kes Amino Putri F. P, S.T

Kasi Patonik & BD Bag Instal Jangklin RSPAU dr. S.Hardjolukito