Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

VISITASI AKREDITASI RSPAU, TETAP PARIPURNA



 

Tepat setelah setahun yang lalu RSPAU melaksanakan Survey Akreditasi Versi SNARS ed-1, tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit resmi melakukan visitasi dalam rangka verifikasi Akreditasi, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito Yogyakarta. Tim Surveior tersebut terdiri dari dr. Dyah Wiryastini, MARS dan Wiwiek Liestyaningrum, S. Kp, M. Kep. Mereka mendapatkan tugas untuk melakukan assessment di bidang manajemen dan keperawatan. Acara visitasi yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2019 hingga hari ini tersebut merupakan tindak lanjut dari didapatkannya temuan pada Survey Akreditasi sebelumnya.

Verifikasi akreditasi dirasa perlu dilaksanakan guna semakin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang semakin selektif dan berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu. Dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk berobat keluar negeri. Pada pembukaan acara visitasi tersebut Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI dr. Djunadi, MS., Sp.Kp melakukan paparan mengenai Perencanaan Perbaikan Strategis yang disaksikan langsung oleh para surveyor. Selanjutnya para surveyor melakukan telusur dokumen dan telusur lapangan. Ditemui di tempat berbeda Kolonel Kes drg. Agus Mulato, Sp.BM selaku Ka Akreditasi RSPAU mengatakan optimismenya untuk mempertahankan status paripurna yang telah diraih RSPAU, terlebih persiapan yang telah dilakukan seluruh anggota RSPAU menyongsong visitasi akreditasi sejak pertengahan tahun 2019.

Akreditasi dirancang untuk meningkatkan budaya keselamatan dan budaya kualitas di rumah sakit, sehingga senantiasa berusaha meningkatkan mutu dan keamanan pelayanannya. Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Dengan demikian akreditasi diperlukan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit, yang sekaligus berperan sebagai sarana manajemen.

Selain itu Akreditasi sendiri memiliki banyak manfaat, diantaranya peningkatan pelayanan, administrasi dan perencanaan, koordinasi asuhan pasien, koordinasi pelayanan, koordinasi antar anggota, meminimalisasi resiko, penggunaan sumberdaya yang lebih efisien, penurunan keluhan pasien dan staf, peningkatan kesadaran anggota akan tanggungjawabnya serta peningkatan kerjasama dari semua bagian organisasi di dalam RSPAU dr. S Hardjolukito ini. Dengan demikian, diharapkan akan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat, karena RSPAU dr. S Hardjolukito dapat memberikan jaminan mutu, kepuasan dan perlindungan kepada masyarakat sesuai standar yang berlaku. Dok Humas