Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

DALAM RANGKA HUT TNI -75 RSPAU Dr. S. HARDJOLUKITO SUMBANG AIR BERSIH DAN PELAYANAN RAPID TEST GRATIS DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL



 

RSPAU dr.S.Hardjolukito sumbang air bersih dan rapid tes di dua kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.(11/9/2020)  Dua kecamatan tersebut adalah Dusun Manggul Rt 02, Karangasem, Paliyan, Gunungkidul  dan Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito Marsma TNI dr.Djunadi, MS., Sp.KP beserta Waka RSPAU dan jajaran direktur RSPAU dr. S Hardjolukito melaksanakan kegiatan bhakti sosial ini merupakan dalam rangka HUT TNI ke-75.  Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua PIA Ardhya Garini Rating Ranting 001/05/3/GI RSPAU beserta anggota, Camat Tepus Bapak Alsito, Kapolsek Tepus AKP Mursidianto, Kepala Puskesmas dr. Damayanti Mustikarini, Lurah Purwodadi, dan Lurah Karangasem.   

Saat ini musim kemarau sudah mulai melanda sebagian wilayah Gunungkidul, oleh karenanya RSPAU dr. S Hardjolukito melalui program peduli, mendonasikan 200 ribu liter air bersih untuk kedua kecamatan terdampak kemarau ini. Selain Bhaksos air bersih, RSPAU juga melakukan pelayanan rapid gratis untuk warga pada kedua kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito berharap semoga bantuan air bersih ini dapat bermanfaat dan dikelola dengan baik. Beliau juga berpesan kepada warga untuk selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan di setiap melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mencuci tangan dan menggunakan masker. 

“Bantuan ini merupakan wujud nyata kepedulian serta pengabdian RSPAU dr. S. Hardjolukito kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT TNI-75. Semoga apa yang kami lakukan saat ini dapat meningkat di kemudian hari dan menjadi contoh bagi yang lain dalam mewujudkan kepedulian kepada masyarakat. Pada masa pandemi ini mari kita selalu menjaga kesehatan serta selalu mencuci tangan dan menggunakan masker ketika beraktivitas keluar rumah” tambah Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP

Pada kesempatan yang sama Camat Tepus Bapak Alsito S.Sos serta lurah Karangasem menyampaikan terimakasih atas bantuan air bersih ini. Mereka menyampaikan bahwa akibat dai pandemi Covid-19 ini, donatur air bersih berkurang, sehingga bantuan air bersih dari RSPAU dr. S Hardjolukito sangat bermanfaat sekali untuk warga.

“Selamat datang bapak/ibu di padukuhan purwodadi. Terimakasih kami ucapkan kepada RSPAU dr. S Hardjolukito atas bantuan air bersih kepada warga Tepus. Selanjutnya kami mengucapkan selamat ulang tahun TNI ke-75, semoga semakin dekat dengan rakyat”, Kata Camat Tepus dalam sambutannya.

Setelah dilaksanakan kegiatan secara simbolis penyerahan air bersih dari Kepala RSPAU dr. S Hardjolukito kepada pemerintah setempat, kemudian tim Laboratorium RSPAU dr. S Hardjolukito bekerjasama dengan Puskesmas setempat melaksanakan rapid test kepada 50 warga dari dusun Purwodadi dan 50 warga dari dusun Karangasem dengan hasil tes semua non-reaktif. Harapannya dengan dilakukan rapid test ini mampu mendeteksi dini penyebaran Covid-19.

Akses dan ketersediaan air bersih merupakan hal yang penting dalam situasi saat ini. Namun, masih banyak warga terutama kelompok masyarakat rentan yang belum dapat mengakses air bersih. Dengan kondisi tersebut, himbauan untuk rajin mencuci tangan dengan air mengalir seolah hanya akan "mengalir" begitu saja jika air belum tersedia secara cukup.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada RSPAU dr. S Hardjolukito atas bantuan air bersihnya. Ini sangat bermanfaat sekali untuk kami, dan terimakasih sudah berkenan mengunjungi kami”, kata salah satu warga dusun Manggul

Air untuk mencuci tangan yang masih dianggap sebagai kebutuhan sekunder dan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan primer pun masih sulit tercukupi. Untuk itu ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat dan prasyarat untuk hidup sehat. Semoga dengan Bhaksos Air bersih ini dapat dimanfaatkan dan dirawat sebaik mungkin oleh masyarakat, terutama di tengah pandemi COVID-19.

Semoga HUT TNI ke-75, RSPAU dr. S Hardjolukito semakin dapat melayani kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya serta masyarakat Yogyakarta pada khususnya. Humas RSPAU