Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr. S Hardjolukito Berqurban, Bentuk Rasa Syukur dan Makna Berbagi



 

 

       RSPAU dr. S Hardjolukito menyelenggarakan penyembelihan hewan Qurban dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1441H (03/08/20). Bertempat di Sport Centre RSPAU dr. S Hardjolukito. Acara tersebut dilaksanakan setelah apel pagi dan disaksikan oleh anggota RSPAU. Hewan qurban diserahkan secara simbolis oleh Ka RSPAU dr. S Hardjolukito Marsma TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP kepada ketua panitia qurban Letkol Adm Fatkhur Rifai, S.S.,. untuk selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan qurban. Tahun ini RSPAU memotong satu ekor sapi dan satu ekor kambing. Daging qurban tersebut kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar RSPAU dr. S Hardjolukito. Pada masa pandemi Covid-19 ini penyembelihan dilakukan oleh panitia dengan dibatasi jumlahnya dan tetap mematuhi protokol kesehatan  agar tidak terjadi kerumunan massa.

        Ka RSPAU dr. S Hardjolukito Marsma TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP menyampaikan bahwa Idul Adha adalah satu wujud rasa syukur atas karunia dan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan cara menyembelih hewan Qurban, kemudian dibagikan sebagian kepada saudara-saudara yang kurang mampu. Selain wujud rasa syukur kepada Allah SWT, Idul Adha juga menumbuhkan nilai dan semangat solidaritas sosial dalam bentuk berbagi dengan saudara. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, dimana menyebakan krisis moral, terpuruknya ekonomi masyarakat, pasar yang semakin sepi, pendidikan yang terhambat, PHK masal, serta pengangguran yang meningkat. Untuk itu tepatlah apabila perayaan Idul Adha ini digunakan untuk menggugah semangat berkorban untuk negeri yang saat ini sedang menghadapi musibah pandemi Covid-19.

        Daging kurban yang disembelih merupakan simbol dari makna pengorbanan dalam arti luas. Di mana setiap umat muslim sebaiknya dapat menyisihkan sebagian harta benda, tenaga, pikiran, waktu, dan lain sebagainya untuk saling menolong dan membantu sesama. Ibadah qurban dapat menyucikan diri dan harta. Dengan berkurban pula, rasa kasih sayang dan peka terhadap sesama bisa ditumbuhkan. Humas RSPAU