Selamat Datang di website RSPAU dr.S.HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin sampai Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00WIB Contact : (0274) 444702

RSPAU dr. S Hardjolukito Laksanakan Uji Fungsi Linac Radioterapi



 

     Ka RSPAU dr. S Hardjolukito terima kunjungan tim uji fungsi dan riksa rima alat Radioterapi Linac dari Kemhan RI. Jum’at 11/06/21. Bertempat di gedung Linac RSPAU, Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto, M.Sc., Sp.BS(K)., Sp.Kp., Kolonel Hendra Gunawan selaku ketua uji fungsi radioterapi linac beserta tim dari kemhan, `dan para pejabat RSPAU dr. S Hardjolukito.    Kegiatan dimulai dengan survey gedung dan alat Radioterapi Linac, kemudian dilakukan tes uji fungsi oleh tim uji Fungsi dari Kemhan diakhiri dengan evaluasi dan penandatanganan dokumen.


       Radiotherapy merupakan terapi pada pasien kanker menggunakan radiasi pengion. Radiasi pengion adalah radiasi yang menimbulkan reaksi ionisasi pada saat melewati materi , dalam hal ini  jaringan atau tumor. Ada beberapa jenis radiasi yang digunakan dalam teknik radiotherapy, antara lain radiasi sinar gamma yang dihasilkan oleh sumber radiasi Cobalt-60 atau sinar X yang dihasilkan oleh alat Linear Accelerator/ Linac.


      Linear accelerator (linac) termasuk ke dalam jenis terapi eksternal. Merupakan jenis radioterapi dengan peralatan pemancar berkas radiasi berada pada jarak tertentu di luar tubuh pasien. Linac yang terdapat di instalasi radioterapi rspau ini adalah varian true beam. Dengan lulusnya uji fungsi alat radioterapi linac ini harapannya alat segera dapat di operasionalkan sehingga memberikan pelayanan secara optimal khususnya untuk penanganan pasien radioterapi khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Humas RSPAU