Selamat Datang di Website RSPAU dr. SUHARDI HARDJOLUKITO

Jam Besuk : Senin - Sabtu | Pukul 11:00 - 13:00 dan 17:00 - 19:00 WIB Contact : (0274) 444715

RSPAU  dr. Suhardi Hardjolukito Raih Juara Dua Hand Hygiene Dance Competition Jogja PERSI EXPO (JPE) 2022



RSPAU  dr. Suhardi Hardjolukito raih juara dua Hand Hygiene Dance Competition pada acara 3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st  PERKEDWI DIY Expo.(30/10/22). Pengumuman juara diumumkan pada penutupan (hari ke-3) 3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st  PERKEDWI DIY Expo di Pakuwon Mall pada hari Minggu (30/10/22). Pada kesempatan ini Letkol Kes Rum Yulaika Wulandari selaku koordinator Hand Hygiene Dance  RSPAU menerima penghargaan secara simbolis yang diberikan langsung oleh perwakilan dewan juri lomba. Adapun kriteria penilaian pada lomba kali ini meliputi ketepatan waktu (50%), kekompakan (20%), koreografi (20%) dan kostum (10%). Dimana RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito memperoleh total nilai 283,6.

Tim Hand Hygiene Dance  RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito sebelumnya telah mengirimkan video hand hygiene dance kepada panitia Jogja PERSI Expo pada pertengahan bulan Oktober lalu dan masuk 10 besar sehingga bisa tampil secara langsung di Pakuwon Mall pada tanggal 29 Oktober 2022. Pada lomba kali ini RSPAU menampilkan dance dengan tema tari edan-edanan. Tari Edan-edanan Nirbaya adalah tarian yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarian ini merupakan tarian untuk menolak bahaya. Tarian edan-edanan diciptakan sebagai hiburan dengan gerakan yang dilebih-lebihkan layaknya orang gila, akan tetapi pada koridornya sebagai ritual penolak bala, dengan memakai properti kemoceng dan kipas yang ditunjukan untuk mengusir roh-roh jahat. Dalam hal ini kemoceng dan kipas diganti menjadi gerakan cuci tangan, dimana pada aktivitas sehari-hari, cuci tangan menjadi senjata ampuh untuk mengusir virus atau kuman-kuman jahat. Mari mulai hidup sehat dengan membiasakan 6 langkah cuci tangan dengan baik sebelum memulai dan setelah beraktivitas.

Melalui lomba Hand Hygiene ini diharapkan seluruh insan kesehatan dapat meningkatkan kreativitas dan berkarya. Sekaligus hal ini juga dapat menjadi ajang untuk menarik perhatian masyarakat untuk mensosialisasikan pentingnya mencuci tangan dalam mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus dan bakteri. Dengan meningkatnya pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam mencuci tangan, dapat mewujudkan masyarakat yang sehat dan produktif. Humas RSPAU